Mengenal Dempul dan Aplikasinya pada Pengecatan Dinding

Fungsi Dempul menutupi celah pada dinding

Tembok Anda retak-retak? Jangan langsung menutupinya dengan cat dinding! Aplikasi cat dinding saja tidak cukup untuk menutupi retak-retak pada dinding Anda. Cat yang diaplikasikan pada dinding retak justru akan mengalami masalah. Keberadaan retak-retak halus pada acian dinding harus ditutupi dempul terlebih dahulu agar cat akhir melekat secara optimal pada permukaan material. Apa itu dempul?

Fungsi Dempul menutupi celah pada dinding

Dempul adalah bahan yang digunakan untuk mengisi celah ataupun lobang pada permukaan dinding tembok, kayu, atau logam. Biasanya dempul diaplikasikan dengan menggunakan kape langsung pada lobang atau retak yang terdapat pada permukaan. Dinding yang retak pun kini tampil lebih mulus.

Fungsi dari dempul adalah memperbaiki tampilan dinding agar nantinya hasil pengecatan lebih halus dan rata. Selain itu, dempul berfungsi untuk menutupi celah-celah pada dinding. Hasilnya, Anda akan menghemat penggunaan cat karena cat tidak masuk ke dalam pori-pori.

Di pasaran, dempul kadang disebut juga dengan plamir. Asalnya dari bahasa Belanda plamuur. Selain itu, kata putty yang berasal dari bahasa Inggris juga umum digunakan untuk merujuk pada dempul.

Jenis-jenis dempul

Kita bisa membedakan dempul berdasarkan material tempat dempul diaplikasikan.

Dempul Tembok

Dempul tembok atau plamir tembok digunakan untuk meratakan permukaan tembok sebelum dicat. Pada dinding baru, dinding yang sudah diaci memang biasanya mengalami retak rambut setelah mengering. Atau pad kasus dinding lama, bekas paku meninggalkan lobang yang membuat dinding menjadi tidak rata. Oleh karena itu, dempul diaplikasikan untuk menutupi retak serta lobang serhingga permukaan dinding kembali menjadi halus.

Dempul Kayu

Dempul kayu digunakan untuk meratakan permukaan kayu agar menjadi mulus. Pada kayu yang baru, permukaan kayu memang jarang ada yang benar-benar halus dan rata. Dempul dapat memperbaiki kekurangan tersebut sehingga kayu menjadi mulus.

Baca Juga  Jasa Pengecatan Rumah Profesional di Jakarta

Wood Filler

Hampir serupa dengan dempul kayu, wood filler lebih berfungsi untuk menutupi pori-pori pada kayu. Bedanya, wood filler tidak akan menyembunyikan tekstur alami kayu karena warnanya yang transparan. Aplikasi wood filler mencegah kayu dari masalah kelembapan sehingga kayu lebih awet untuk digunakan.

Dempul Logam

Sesuai dengan namanya, dempul ini memang berfungsi untuk meratakan permukaan logam. Tidak semua permukaan besi mulus, terkadang terdapat sedikit penyokan kecil sehingga perlu diratakan dengan dempul. Hasilnya pengecatan besi lebih mudah dan rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *